Rabu, 13 Oktober 2010

Bisnis Pulsa Elektronik




Saat ini hampir setiap orang memiliki handphone baik di perkotaan maupun di pedesaan, usia dewasa sampai anak – anak yang duduk di bangku SD. Harganya pun cukup murah dengan fitur yang beragam sehingga handphone bukan lagi barang mewah seperti 10 – 20 tahun lalu. Sebagai alat komunikasi yang mobile tentunya handphone banyak memberikan kemudahan kepada pemakainya untuk mengakses berbagai informasi apa saja, dimana saja, dan kapan saja. Tidak hanya itu, sangat banyak peluang usaha yang tercipta dari alat komunikasi modern ini. Seberapa sering anda pergi ke counter handphone di dekat rumah anda dalam 1 bulan hanya untuk mengisi pulsa? Atau pernahkah anda melihat anak muda menjual casing handphone dari berbagai merek dan model di gerbong kereta? Bahkan ada yang menjual handphone second di pinggir trotoar dan di jembatan penyebrangan. Isi ulang pulsa, jasa service, tukar tambah, gadai, jual-beli, adalah peluang - peluang usaha yang tercipta dari handphone yang ada di dalam saku celana kita.

            Sebagai anak muda saya melihat peluang usaha di isi ulang pulsa cukup menjanjikan. Pasalnya meskipun tempat isi ulang pulsa menjamur dimana – mana tetap saja kita tidak akan kekurangan pembeli yang membutuhkan pulsa. Tingginya permintaan pulsa yang cepat, murah, dan praktis membuat pulsa elektronik lebih diminati pembeli dibandingkan pulsa voucher. Dengan alasan tersebut saya lebih memilih bisnis pulsa elektronik. Selain mendapat keuntungan, saya juga dapat mengisi ulang pulsa ke handphone saya sendiri sehingga dapat lebih hemat. Yang lebih penting sebenarnya adalah untuk melatih entrepreneur spirit didalam diri saya.
           
            Pemasaran isi ulang pulsa elektronik pun sangat mudah. Dapat dimulai dari teman – teman satu kost, rekan - rekan di kantor, dan teman satu kelas di kampus. Modal untuk memulai bisnis ini pun sangat murah. Dengan uang Rp. 100.000,00 anda sudah dapat mendaftarkan diri sebagai agen pulsa elektronik. Bandingkan dengan menjual pulsa voucher. Anda harus menyediakan modal yang cukup untuk membeli stock voucher dengan nilai nominal tertentu sebanyak beberapa item, belum lagi ada tanggal kadaluarsanya sehingga risiko yang dihadapi cukup besar. Namun bukan berarti dengan menjual  pulsa elektronik anda tidak menjumpai risiko. Kadangkala server pusat pulsa elektonik mengalami gangguan sehingga pembeli harus menunggu dengan sabar.

            Mari kita semua anak – anak muda beranikan diri untuk berbisnis sekarang. Tangkap peluang usaha yang ada di sekitarmu. Sekedar informasi bahwa bisnis dapat dikembangkan dari invensi (penemuan), ekstensi (pengembangan), Duplikasi (penggandaan/meniru), dan sintesis (kombinasi). Dengan demikian kita akan memiliki rasa percaya diri untuk bersaing dengan bangsa lain di kemudian hari. Selain itu kita juga memberikan kontribusi positif untuk kemajuan bersama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar