Rabu, 27 Oktober 2010

Storage Devices

Pengertian Magnetic Storage Device

Magnetic Storage Device adalah perangkat penyimpanan data secara elektronik pada magnet media yang digunakan untuk menyimpan data komputer, serta audio dan video sinyal.

Teknologi Magnetic Storage Device

Teknologi penyimpanan data yang bersifat magnetis berupa hard disk, magnetic tape rekaman, garis-garis magnetic pada kartu kredit, serta media yang paling removable seperti floppy disk dan zip disk.


Bagaimana Magnetic Storage Device Bekerja?

Media penyimpanan magnetic dapat diklasifikasikan sebagai random access memory (akses memori berurutan) yang memungkinkan data dapat ditulis ke atau dibaca dari setiap lokasi pada disk, data dapat dihapus, berkali kali dapat ditulis ulang, dan memiliki karakteristik penyimpanan data jangka menengah (10-20 tahun). Perangkat yang bekerja pada pokok muatan magnetis ini dilapasi oksida besi partikel yang disebut feromagnetik yang berarti bahwa mereka menjadi cepat dan permanen magnet bila terkena medan magnet. Permanen dalam hal ini hanya berarti bahwa mereka tetap magnet ketika medan magnet akan hilang - mereka dapat kembali magnet dalam arah yang berlawanan dengan paparan medan magnet yang berbeda.
( Dari Berbagai Sumber Dengan Perubahan Penulisan)

Bagaimana data yang tersimpan pada perangkat penyimpan yang bersifat magnetis?
Data dalam komputer disimpan magnetis di hard disk drive (HDD). Semua data komputer, termasuk sistem operasi (OS) dan dokumen pengguna, secara permanen disimpan dalam HDD.
Bentuk
HDD adalah kotak logam persegi panjang ditemukan di dalam casing menara komputer desktop. Data fisik ditulis pada bulat, benda berbentuk cakram yang disebut piring, ditumpuk secara vertikal di dalam HDD. Piring-piring yang aluminium disk, dilapisi film tipis magnetik.

Kepala

Piring-piring di dalam HDD berputar sangat cepat, dengan komponen yang dikenal sebagai read / write kepala melayang di atas disk. Ada dua membaca / menulis kepala untuk setiap platter dua sisi, satu untuk bagian atas dan satu untuk bagian bawah.

Actuator & Arms

Data tertulis magnetis di platters oleh kepala baca / tulis sebagai rangkaian 0s dan 1s. Ketika sepotong informasi yang akan diakses atau direkam, komponen bergerak kecil dikenal sebagai aktuator dan posisi lengan kepala di wilayah tersebut di piring mana informasi yang (atau akan) dicatat.

Pra-Menulis

Sebelum proses penulisan, data baru dikodekan dalam cache hard disk, dan ruang bebas untuk menyimpan data tersebut berada. Selanjutnya, pulsa elektrik mewakili data memulai medan magnet di kepala tertulis.

Menulis

Pencatatan data sebenarnya terjadi ketika medan magnet diubah pada perubahan orientasi kepala penulisan bit pada disk.

(sumber: www.answerbag.com dengan berbagai perubahan)

Pengertian Optical Storage Device

Optical penyimpanan adalah unit elektro-mekanik yang dapat menyimpan dan mengambil (menulis dan membaca) informasi pada suatu media disk khusus menggunakan sinar laser.

Teknologi Optical Storage Device

Drive optik dirancang untuk bekerja dengan beberapa jenis media: CD ("compact disc"), DVD (disc serbaguna digital "atau" disk video digital ") dan Blu-ray


Bagaimana Optical Storage Device Bekerja?

Drive penyimpanan optik yang mampu menulis data ke disk menggunakan sinar laser untuk membakar lubang (atau benjolan) ke dalam material khusus. Ini data stream ditempatkan di jalur spiral, seperti yang ditemukan pada kaset, tetapi dalam hal ini data dimulai di trek terdalam dan bekerja jalan keluar menuju tepi dari disk. Dalam industri yang diproduksi massal cakram, seperti yang mendistribusikan musik atau film, data ditempatkan pada disk dengan mesin stamping. Data diambil oleh sebuah sinar laser yang mencerminkan dari disk, mendeteksi lubang. Optical drive datang dalam berbagai kecepatan, berputar antara 200 dan 4.000 RPM.

(sumber: www. ehow.com dengan berbagai perubahan)

1 komentar: